---☺ èwíñ-©ógá ☺---

Minggu, 11 Mei 2008

Hindari 10 Kesalahan Utama Pemasaran di Internet


Setelah saya pelajari dari setiap posting2 dan berat nya membuka web/blogger, dan saya baca 10 cara menghindari pemasaran di Internet. Di bawah ini yang perlu di ketahui, merupakan tipsberinternet yang di posting oleh Bob Julius Onggo Bermanfaat banget buat saya sendiri dalam menciptakan blog yang unik....

Kesalahan #1:
Menggunakan Hosting Service GRATIS
Diantara beberapa provider hosting gratis itu adalah Angelfire, Tripod, Geocities, HyperMart, FreeYellow, dsb. Mengapa?
Situs web kita merupakan aset paling penting (sbg perwakilan bisnis kita) dan harus memberikan impresi yang baik pertama kali.. Sedang beberapa 'hosting provider' gratis 'download time'-nya lama atau payah
Disamping itu sebenarnya tidak gratis sama sekali, sebab harus melihat banner dari perusahaan hosting tsb dan kata-kata iklan mereka di
lokasi utama dari situs web kita. Hal ini tentu sangat menguntungkan di sisi bisnis bagi perusahaan 'hosting' tsb.
Sekarang kita sudah dapat menemukan hosting Indonesia yang memberikan harga sangat terjangkau pertahun atau perbulan sehingga prospek kita langsung masuk ke domain situs URL kita. Dan pastikan kita mendaftar domain kita sendiri.
Hendaklah serius dengan bisnis kita, atau kita akan percuma setelah memiliki situs web

Kesalahan #2:
Terlalu banyak grafik, java & music/audio, dll
Fungsi situs kita adalah untuk menjual produk dan servis kita, bukan untuk menghibur pengunjung situs web kita. Jadi segala sesuatu yg mengalihkan perhatian mereka harus dihindari.
Kalau kita bukan berjiwa desainer, maka gambar yg makan waktu loading hanya memberi impresi yg jelek sehingga tidak bisa membantu penjualan (pemasaran). Juga java yang dapat membuat 'crash' browser, intinya hati-hati dengan plug-ins, suara-suara, klip dll
Baru cocok kalau kita jualan CD, video tutorial dan sejenisnya, bisa kita tayangkan dalam situs kita.
Nggak perlu jauh-jauh, kita bisa belajar dari 100 situs top di situs web. lihat saja Yahoo dan google (paling populer). Kapan kita pernah melihat aplikasi java, atau mendengar suara?

Kesalahan #3:
Tidak Meminta & Bertindak Berdasarkan FeedBack
Perlunya secara pribadi harus meinta kritik dan saran serta bertindak berdasar umpan balik dari komentar mereka
Misal, ada yg suka dan tidak suka mengunjungi situs web yg memakai 'frame'. Sebab sejumlah pengunjung tidak suka karena bermasalah dgn 'browser' mereka.
Maka kita akan melihat betapa luarbiasa nilai umpan-balik yang akan kita terima bila kita memintanya. Ingat prospek kita adalah orang yang akan membeli produk dan servis kita, persepsi mereka mengenai situs kita yg terpenting adalah membuahkan penjualan.

Kesalahan #4:
Membuang waktu yg berharga untuk hal kurang produktif
Aset paling berharga pemasar adalah waktu, karna waktu terbatas kita harus belajar mengutamakan prioritas. Misal pertimbangan strategi mana yang paling efektif (berhasil)? kalau kita tidak tahu berarti telah membuang-buang waktu

Salah satu mitos terbesar emarketing adalah berupaya mati-matian mendaftarkan situs web pada peringkat 10 rangking utama pada situs pencari. Itu bagai 1000 : 1, maka hati-hati jangan buang-buang waktu untuk hal seperti itu.
Hal terpenting adalah bagaimana membuat hal-hal rutin jadi otomatis, termasuk manajemen komunikasi email beserta follow-upnya; daripada mengirim email yg sama terus menerus, kita bisa mengotomatisasikan hal ini. Untuk berhasil secara online, kita memang butuh banyak waktu untuk promosi dan memasarkan

Kesalahan #5:
Tidak mengatur komunikasi email secara efisien
Komunikasi email dan melakukan follow-up email rutin terhadap prospek dan customer meski agak merepotkan namun sangat penting menjaga hubungan dgn prospek dan customer karena itu perlu belajar teknik menulis 'copywriting' yg hidup dan persuasif. sebab kita hanya punya satu kesempatan untuk memberikan impresi pertama pada calon prospek.
Lalu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan rutin hendaknya dibuat otomatis sehingga Kita akan lebih bersemangat untuk menjawab email yg berisi hal-hal tidak rutin.

Kesalahan #6:
Tidak membuat atau membangun opt-in database email
Sama seperti kita tidak meminta dan bertukar kartu nama dengan calon prospek kita yg dapat Kita lakukan follow-up
Pikirkan hal ini! Orang umumnya membeli barang dari orang yg mereka kenal dan percaya. Maka tidak ada cara lebih baik selain perlihatkan pada mereka bahwa perusahaan kita adalah pakar dibidang yg kita tekuni dan tidak lupa mengontak mereka dengan interval waktu tertentu.

Maka agar kita tetap respek dikenal dan diingat, buatlah ezine (majalah elektronik) sebagai strategi utama pemasaran kita. Fungsi:

· Memungkinkan tidak kehilangan kontak dengan target pasar kita

· Membuat prospek dan customer tetap ingat, tepat ingat untuk berkunjung balik ke situs kita, terutama bila kita punya info produk baru dan update situs

· Tidak takut mereka lupa perusahaan kita, sebab nama kita ada didalam ezine dan didalam benak kita

· Bisa menjual iklan

· Membangun "kepercayaan" dan "hubungan bisnis"

Kesalahan #7:
Reputasi hancur karena promosi yg salah
"Spamming" adalah kesalahan terbesar seperti juga promosi ke forum yg tidak relevan dengan produk kita, atau forum yg tidak boleh promosi blak-blakan. Jadi jangan sampai mengorbankan reputasi kita dengan cara-cara negatif dari strategi pemasaran yg diragukan

Jika kita berbisnis dengan mengabaikan masalah moral, maka bisnis kita beresiko besar! Aset terpenting emarketer adalah reputasi. 'spamming' adalah cara tercepat dan efektif menghancurkannya

Kesalahan #8:
Tanpa promosi kita tidak akan punya prospek dan tidak akan ada penjualan, meski kita punya produk paling hebat

Dua hal yang perlu dilakukan teratur agar berhasil bisnis di internet:

· Mengembangkan kerangka bisnis yg menguntungkan, lalu

· Punya produk yg unik, lalu

· Metode pemasaran yg mendatangkan penjualan, dan lalu

· Evaluasi rutin strategi pemasaran online kita

Setelah kerangka bisnis internet itu berhasil, kita harus terus fokus promosi. Jika kita dapat untung Rp. 10.000 perunit, maka untuk mendapatkan Rp. 100 juta kita harus dapat 100.000 customer. 'Marketing' adalah aliran darah bisnis kita

Kesalahan #9:
Menyangka sukses bisnis di internet sangat mudah.
Jangankan bisnis di internet, bisnis offlinepun butuh kerja keras, cekatan, dan cerdik apalagi di Internet
Membangun bisnis online yg berhasil bukan dibangun dalam waktu singkat, semua adalah buah dari sekian waktu yg kita tanam, kerja keras, cekatan dan cerdik

Kesalahan #10:
Tidak paham kekuatan sesungguhnya dari Internet
Internet adalah sarana komunikasi dan untuk itulah diciptakan, maka kita akan berhasil kalau kita dapat memanfaatkan kekuatan komunikasi (berbisnis dibalik informasi) tsb.

Belum pernah ada bisnis semudah dan sehemat menjangkau prospek dan customer selain internet, gunakan kekuatan internet untuk menjangkau propek lalu buat sedemikian rupa semacam 'customer service' lewat teknologi internet. Gunakan internet untuk mencari informasi, cari tahu kompetitor kita, dan kembangkan jaringan komunikasi pemasaran dgn yg lain
Begitu banyak tambang emas informasi di dunia maya, kita harus tahu kemana mencari semuanya itu tanpa tersesat. Maka belajarlah cara menggunakan situs pencari secara efektif

Dapatkan segala sesuatu yg kita perlukan dan lihat produktivitas akan meningkat drastis. Intinya gunakan internet untuk berkomunikasi secara efektif dan jangan lupa bisnis di internet ada kaitannya dengan komunitas manusia. Karena itu penting sekali tahu caranya berkomunikasi lewat teknik tulisan yg hidup via email, dan isi (content) dari situs kita. Internet adalah sarana efektif berinteraksi dengan mereka, maka jika kita melupakan hal ini kita tidak akan bisa berhasil bisnis di internet


Disederhanakan dari tulisan Bob Julius Onggo (www.bjoconsulting.com)

0 komentar:

Template by : »ÊwíÑ_©ôgá« ewin-coga.blogspot.com