---☺ èwíñ-©ógá ☺---

Senin, 28 April 2008

Kegunaan Pisang

Ketika kita di beri cobaan sebuah penyakit tidak seharusnya berputus asa, ketika kesembuhan tak kunjung tiba. Rasulullah bersabda, “Berobatlah, wahai hamba Allah, karena sesungguhnya Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Allah turunkan (juga) obatnya, kecuali penyakit tua.”(HR. Muslim)Madu, Zaitun, Kurma dan Jintan Hitam merupakan obat alami yang secara khusus disebutkan dalam hadist maupun Al-Qur’an. Namun, ada tumbuhan di Indonesia ini yang kelihatannya tidak berguna, ternyata dapat juga digunakan sebagai obat. Hal itu dibuktikan dengan berbagai penelitian atau secara empiris saja. Secara syariat, hal itu juga dapat diterima. Nabi bersabda,“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit kecuali juga telah menurunkan baginya penyembuhannya. Ada sebagaian orang yang mengetahuinya dan ada pula yang tidak mengetahuinya.” (HR. Ahmad dalam Musnad no. 3397, Ibnu Majah dalam Sunannya Kitab Tibb (Pengobatan) no. 3429).

Sekilas Tentang Pisang

Ternyata tidak hanya enak sebagai buah, tapi khasiatnya bermacam-macam. Menurut jenisnya Pisang bisa dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:

  • Musa Pardisiaca Var. Sapientum (Banana), yaitu pisang yang dimakan langsung setelah buahnya masak seperti pisang ambon, ambon lumut, raja, raja sereh, mas, susu, dan barangan.
  • Musa Pardisiaca Forma Typiaca (Plantain), yaitu pisang yang dimakan setelah direbus atau digoreng seperti pisang tanduk.
  • Musa Brachycarpa, yaitu jenis pisang yang berbiji seperti pisang batu, disebut juga pisang klutuk atau pisang biji.
  • Musa Texilis, yaitu pisang penghasil serat seperti pisang manila.
  • Pisang hias seperti pisang kipas, pisang superba (musa superba), Pisang basjoo (Musa Basjoo)

Bagian tanaman yang dapat dijadikan obat adalah akar, buah, kulit buah, bonggol, hati, batang pisang, bunga dan daunnya.

Sifat dan Khasiat

Buah pisang rasanya manis, sifatnya dingin, astrigen. Sebagai pelumas usus, penawar racun, penurun panas (Anti Piretik), anti radang, peluruh kencing (diuretic), laksatif ringan. Akar berkhasiat sebagai penawar racun, peredam panas, mendinginkan darah, anti radang dan peluruh kencing.

Hati batang pisang berkhasiat penurun panas dan untuk perawatan rambut. Cairan bonggol mengatasi infeksi saluran kencing, menghentikan pendarahan (hemostatik), penurun panas, serta penghitam dan mencegah rambut rontok. Buah muda dan akar berkhasiat astrigen. Buah muda berkhasiat anti diare, dan untuk pengobatan tukak lambung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung pisang batu yang diberikan pada tikus dapat mencegah timbulnya tukak lambung (ulcus peptic) jika tikus tersebut diberikan aspirin. Hal itu bisa terjadi akibat meningkatnya sekresi lender (mucus) di lambung.

Contoh Pemakaian

Untuk obat yang diminum, konsumsi tepung pisang sebanyak 1-2 sendok makan sebelum makan dan saat mau tidur. Untuk pemakaian luar, gunakan hati batang pisang untuk obat luka baru, daun muda pisang muda untuk mendinginkan panas/demam, mata terasa panas, dan luka bakar.

Cairan bonggol untuk penyubur rambut.

Giling daun, akar atau bonggol pisang segar sampai halus, lalu balurkan pada kelainan itu, seperti bisul, radang kulit bernanah (piodermi), erysipelas, radang telinga, luka bakar, dan bengkak.

Menghaluskan kulit tangan dan kaki

Gosokkan kulit pisang mas bagian dalam pada bagian tangan dan kaki yang kasar/pecah-pecah. Lakukan tiap hari.

Digigit ular berbisa

Cuci bonggol pisang raja sebesar kepalantangan, lalu parut. Tambahkan satu sendok makan madu murni sambil siremas sampai merata. Peras dan saring, lalu minum cairan yang terkumpul sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Terbakar atau tersiram air panas dan kulit kemerahan

Oleskan bagian dalam dari kulit pisang yang sudah matang pada kelainan kulit.

Darah tinggi, pengobatan dan pencegah

Rebus kulit pisang dengan tangkainya (30-60 gr) atau akar segar (30-120 gr). Setelah dingin, minum airnya. Lakukan setiap hari 3 kali, masing-masing 1 cangkir.

Selamat mencoba, semoga Allah menurunkan kesembuhan melalui pengobatan dengan pisang tersebut. Sehingga gangguan kesehatan yang dialami cepat hilang.

Sumber: Setiawan Dalimartha, Atlas Tumbuhan Obat Tradisional Jilid 3. Puspa Swara, 2003Majalah Nikah Vol. 3 No. 3 Juni 2003

ARTikel :

http://safuan.wordpress.com/2007/10/30/pisang-bukan-sekedar-buah/






0 komentar:

Template by : »ÊwíÑ_©ôgá« ewin-coga.blogspot.com